Alistair MacLean Stewart


Alistair MacLean Stuart (21 April 1922-2 February 1987; Gaelik Skotlandia: Alasdair MacGill-Eain) adalah seorang novelis Skotlandia yang menulis thriller populer atau cerita petualangan, yang paling terkenal yang mungkin The Guns of Navarone dan Where Eagles Dare, keduanya memiliki telah dibuat menjadi film sukses. Ia juga menulis dua novel dengan nama samaran Ian Stuart.
MacLean adalah anak seorang menteri, dan belajar bahasa Inggris sebagai bahasa kedua setelah bahasa ibunya, Gaelik Skotlandia. Ia dilahirkan di Glasgow tetapi menghabiskan sebagian besar masa kecilnya dan pemuda di Daviot, sepuluh mil selatan Inverness. Dia adalah ketiga dari empat putra.

Ia bergabung dengan Royal Navy pada tahun 1941, melayani dalam Perang Dunia II dengan jajaran Seaman Biasa, Able Seaman, dan Leading Torpedo Operator. Ia pertama kali ditugaskan untuk PS Bournemouth Queen, sebuah kapal ekskursi dikonversi cocok untuk senjata anti-pesawat, yang bertugas di lepas pantai Inggris dan Skotlandia. Dari tahun 1943, ia bertugas di HMS royalis, sebuah mobil ringan Dido-kelas. Pada royalis ia melihat aksi pada 1943 di Atlantik teater, pada dua konvoi Kutub Utara dan kelompok carrier mendampingi dalam operasi terhadap Tirpitz dan target lainnya di lepas pantai Norwegia. Pada 1944 ia dan kapal bertugas di Mediterania teater, sebagai bagian dari invasi Perancis selatan dan dalam membantu untuk menenggelamkan pelari blokade dari Kreta dan Milos membombardir di Laut Aegea. Selama waktu ini MacLean mungkin telah terluka dalam sebuah kecelakaan latihan menembak [2] Pada tahun 1945., Di Timur Jauh teater, MacLean dan royalis melihat aksi escorting kelompok carrier dalam operasi terhadap sasaran Jepang di Burma, Malaya, dan Sumatera. (MacLean akhir-dalam klaim-hidup bahwa ia ditangkap Jepang dan disiksa telah diberhentikan oleh kedua anaknya dan penulis biografi sebagai ocehan mabuk [2].) Setelah Jepang menyerah, royalis membantu POW dibebaskan mengevakuasi dari Changi Penjara di Singapura .
MacLean dibebaskan dari Royal Navy pada tahun 1946. Dia kemudian belajar bahasa Inggris di Universitas Glasgow, lulus pada tahun 1953, dan kemudian bekerja sebagai guru sekolah di Rutherglen.


Sementara seorang mahasiswa, MacLean mulai menulis cerita pendek untuk penghasilan tambahan, memenangkan persaingan pada tahun 1954 dengan cerita maritim "Dileas". penerbitan The Collins perusahaan memintanya untuk novel dan ia menjawab dengan HMS Ulysses, berdasarkan pengalaman sendiri perang, serta wawasan dikreditkan dari saudaranya Ian, Master Mariner. Novel ini sukses besar dan MacLean segera dapat mengabdikan dirinya sepenuhnya untuk menulis cerita perang, cerita mata-mata dan petualangan lainnya.

Pada awal 1960-an, MacLean menerbitkan dua novel dengan nama samaran "Ian Stuart" untuk membuktikan bahwa popularitas buku-bukunya adalah karena konten mereka daripada namanya di sampulnya. Mereka menjual dengan baik, namun MacLean tidak berusaha untuk mengubah gaya penulisannya dan para penggemarnya mungkin mudah mengenalinya balik nama samaran Skotlandia. buku MacLean akhirnya terjual dengan baik sehingga ia pindah ke Swiss sebagai pengasingan pajak. Dari 1963-1966, ia mengambil absen dari menulis untuk menjalankan bisnis hotel di Inggris.

buku kemudian MacLean tidak serta diterima sebagai yang awal dan, dalam upaya untuk menjaga ceritanya sesuai dengan waktu, ia terkadang terjerumus ke dalam plot terlalu mustahil. Ia juga berjuang terus-menerus dengan alkoholisme, yang akhirnya membawa kematiannya di Munich pada tahun 1987. Ia dimakamkan beberapa meter dari Richard Burton di Céligny, Swiss. Ia menikah dua kali dan memiliki tiga anak dengan istri pertamanya, anak ketiga diadopsi.


MacLean dianugerahi Doctor of Letters oleh University of Glasgow pada tahun 1983.
Dibandingkan dengan penulis thriller lainnya saat itu, seperti Ian Fleming, buku MacLean yang luar biasa dalam satu cara setidaknya: mereka memiliki ketiadaan seks dan yang paling singkat pada percintaan karena MacLean berpikir bahwa pengalihan tersebut hanya berfungsi untuk memperlambat tindakan. Juga tidak buku MacLean menyerupai pendekatan kemudian techno-thriller. Sebaliknya, ia membiarkan sedikit menghambat aliran peristiwa dalam buku-bukunya, membuat pahlawan berjuang melawan rintangan yang tampaknya tak terkalahkan dan sering mendorong mereka untuk batas daya tahan fisik dan mental. MacLean protagonis biasanya tenang, pria sinis seluruhnya dikhususkan untuk pekerjaan mereka dan sering membawa beberapa jenis pengetahuan rahasia. Sebuah twist kadangkala bahwa salah satu sahabat terdekat pahlawan ternyata pengkhianat.

Alam, khususnya laut dan utara Arktik, memainkan peran penting dalam cerita MacLean, dan ia menggunakan berbagai bagian eksotis dunia sebagai pengaturan untuk buku-bukunya. Hanya satu dari mereka, Ketika Delapan Bells Toll, diatur dalam bukunya asli Skotlandia. buku MacLean terbaik seringkali mereka di mana dia mampu memanfaatkan pengetahuan langsungnya sendiri peperangan dan seafare, seperti Ulysses HMS yang kini dianggap sebagai klasik fiksi angkatan laut.

Gaya, novel MacLean dapat dipecah menjadi empat periode:

  • HMS Ulysses melalui The Last Frontier. Keempat novel menampilkan narasi orang ketiga dan nada agak epik, dan sebagian besar mengatur selama Perang Dunia II. Frontier Terakhir terang-terangan berisi tema filosofis dan moral yang tidak diterima dengan baik.
  • Malam Tanpa Akhir hingga Ice Station Zebra. Keempat novel (ditambah dua lagi dengan nama samaran Ian Stuart) semua orang pertama ditampilkan (dan kadang-kadang tidak dapat diandalkan) narasi dicampur dengan humor, kering sinis, mencela diri sendiri, dan semua diatur pada zaman sekarang. Ini adalah MacLean paling intens diplot cerita, thriller masterfully pencampuran dan unsur detektif. MacLean kemudian pensiun dari menulis selama tiga tahun.
  • Saat Delapan Lonceng Tol sampai ke Pulau Bear, koleksi bervariasi dari enam novel yang masih mempertahankan kualitas umumnya tinggi, dengan beberapa buku mengkuno kembali ke masing-masing dari dua periode pertama, tetapi biasanya mengambil pendekatan yang lebih sinematik (tidak mengherankan karena ia mulai menulis skenario selama ini).
  • Cara untuk Dusty Kematian sampai akhir (dua belas novel). Tidak ada orang pertama lebih cerita, dan prosa itu diduga sering merosot buruk, dengan dialog berlebihan, adegan malas dijelaskan, dan karakter kurang dikembangkan. Beberapa menanggung kesalahan ini lebih dari yang lain, dan semua buku yang dijual cukup baik, namun MacLean pernah kembali bentuk klasiknya.

Tema-tema tertentu berulang di hampir semua novel MacLean's. Misalnya, mereka biasanya menampilkan karakter pria yang digambarkan secara fisik dan moral dihancurkan (misalnya, Carrington di HMS Ulysses atau Andrea dalam The Guns of Navarone); karakter tersebut juga sering digambarkan sebagai memiliki toleransi hampir tidak manusiawi untuk konsumsi alkohol ( seperti Count dalam The Last Frontier atau Jablonsky di Ketakutan adalah Kunci). MacLean dikenal untuk menggunakan kembali perangkat plot, penokohan, dan bahkan frase spesifik. Sebagai contoh, deskripsi "meringkuk shapelessness orang mati" terjadi dalam beberapa bentuk dalam beberapa cerita. Nama sering digunakan kembali juga, dengan karakter wanita utama yang sering bernama Maria, atau kemudian variasi (Marie, Maria), sementara sejumlah pemimpin karakter MacLean laki-laki bernama John. penjahat-Nya biasanya fitur dalang dingin yang kompeten dan kejam dipasangkan dengan bawahan, raksasa brutishly kuat.

Angkatan 10 dari Navarone, sekuel hanya MacLean's, mengambil dari mana versi film The Guns of Navarone daun off, bukan novel aslinya. Jika tidak dihindari MacLean kontinuitas antar-novel, kecuali karakter polisi dari Wayang pada Chain muncul kembali di pintu air.
MacLean's nisan di Pemakaman Vieux di Céligny. Ia dimakamkan beberapa langkah dari kubur Richard Burton. Prasasti itu berbunyi "Ayo tis teman-teman saya 'tidak terlalu terlambat untuk mencari dunia baru."

Secara keseluruhan, MacLean diterbitkan 28 novel dan kumpulan cerita pendek, serta buku-buku tentang TE Lawrence dan James Cook. Ada laporan tentang sebuah novel "hilang" MacLean berjudul Snow on the Ben, namun tampaknya oleh Ian Stuart yang berbeda (lihat ISBN 0-7089-6503-2).

Banyak dari novel MacLean dibuat menjadi film, tapi tidak sepenuhnya menangkap tingkat detail dan intensitas gaya penulisannya sebagaimana dicontohkan dalam klasik seperti Ketakutan adalah Kunci, dua yang paling artistik dan komersial adaptasi film yang sukses adalah The Guns of Navarone dan Where Eagles Dare. Selain itu, MacLean juga menulis skenario, beberapa dari mereka yang didasarkan pada novel dan orang lain kemudian novelized oleh penulis lain. MacLean menulis novel dan skenario dari Where Eagles Dare pada saat yang sama, dalam efeknya ditugaskan oleh Richard Burton, yang ingin membuat "anak itu sendiri" jenis film petualangan bahwa ia bisa membawa anaknya untuk melihat. Buku dan skenario sangat berbeda dalam hal itu, dalam buku ini, karakter Smith dan Schaffer pada waktu keluar dari jalan mereka tidak membunuh siapa pun, sedangkan dalam film pada dasarnya mereka menembak apapun yang bergerak. Bahkan, film ini mengandung jumlah tertinggi Clint Eastwood tubuh pada layar, serta penafsiran yang jauh lebih singkat dari karakter Schaffer.

Sekitar tahun 1980, MacLean ditugaskan oleh perusahaan produksi film Amerika untuk menulis serangkaian cerita garis besar untuk kemudian diproduksi sebagai film. Dia menciptakan Perserikatan Bangsa fiktif Anti-Organisasi Kejahatan (UNACO), dan buku-buku itu kemudian diselesaikan oleh orang lain. Di antaranya adalah Hostage Tower oleh John Denis dan Kematian Kereta oleh Alastair MacNeill. Beberapa karya yang kecil sekali gaya MacLean, terutama dalam penggunaan seks serampangan dan kekerasan.

MacLean pengaruh terhadap masa depan petualangan / thriller penulis adalah agak sulit untuk diukur, karena konvensi dan persyaratan yang diharapkan dari genre berubah. Clive Cussler menjiplak (atau dibayar menyembah) MacLean's Ice Station Zebra di Angkat nya Titanic! dan MacLean The Cara Rahasia dalam The caper Mediterania nya.

Setelah kematiannya, popularitas kerja MacLean melihat penurunan, dan, menurut Amazon.com, pada 2006, tidak ada novel nya berada di cetak di AS. Namun, kebanyakan saat ini masih di cetak di paperback di Inggris.

****

+ Add Your Comment