Rangkuman Gambaran Bedah Sastra

By: Hylla Shane Gerhana

Ini gambaran jalannya bedah sastra yang dipimpin moderator cekibrot yaa;

Ada beberapa urutan langkah yang harus dilakukan moderator dalam sebuah Diskusi, yakni :

1) Pembukaan;
2) Ucapan Selamat Datang pada Peserta;
3) Uraian singkat latar belakang dan tujuan bedah sastra;
4) Perkenalan Penyaji dan Tema ;
5) Penentuan waktu dan mekanisme tanya jawab;
6) Mengundang Pembicara menyajikan Materi yang dibedah;
7) Rangkuman umum inti presentasi penyaji; Mengundang peserta untuk bertanya;
9) Ucapan terimakasih kepada penyaji dan pendengar;
10) Moderator menutup bedah sastra tersebut.

Contoh:

Selamat datang bagi para pujangga pujanggi yang hadir dalam acara Diskusi yang menarik ini dan dilaksanakan di Rumah Ekslusif kita Wr 04
Bedah Sastra yang menarik ini dilatarbelakangi oleh adanya keprihatinan kita pada……..Oleh karena itu, diskusi kita hari ini akan bertujuan untuk…..
Untuk menyemarakkan acara diskusi, sengaja kami undang seorang pakar…….bernama…….(Narasumber) beliau lahir di…….jabatan yang pernah disandangnya adalah…..Dan hari ini Beliau telah siap dengan makalahnya yang bertajuk…………..Untuk memperlancar kegiatan bedah sastra kali ini, saya (nama moderator) akan berusaha memandu acara sampai selesai….

Penentuan waktu dan mekanisme tanya jawab



Waktu yang diatur meliputi waktu presentasi dan pengaturan sesi tanya jawab, termasuk alokasi waktu serta jumlah sesi yang akan direncanakan. Contohnya

Agar diskusi kita berjalan dengan lancar, maka penyaji akan kita persilakan untuk menyajikan makalahnya selama…..menit. Sedangkan untuk sesi tanya jawab akan kita beri waktu selama……menit, setelah Narasumber…….menyajikan makalahnya.

Mengundang Pembicara menyajikan presentasi

Contohnya….Saya persilakan pakar kita, Ibu Lily Husain…..menyajikan makalahnya……

Rangkuman presentasi yang mungkin sering Anda lihat di televisi adalah pada akhir kegiatan…tetapi ada manfaat khusus jika moderator menyampaikan kesimpulan setelah presenter menyajikan makalah, yakni untuk menarik peserta buat memberikan pertanyaan…terutama jika presenternya monoton, terlalu teks book atau secara umum kurang baik dalam menampilkan makalah. Contoh kalimatnya adalah sebagai berikut.

Demikianlah sajian yang menarik dari (Nara Sumber)……Sajian tadi saya yakin akan merangsang kita untuk berfikir arti pentingnya…… Jalan keluar yang ditawarkan antara lain adalah………….

Mengundang pendengar untuk bertanya

Lebih baik jika sesi tanya jawab dibagi dalam beberapa sesi dengan satu sesi maksimum 3 penanya. Contohnya

Untuk memperjelas makalah yang telah disajikan, kami undang teman-teman untuk memberikan pertanyaan. Untuk kesempatan pertama, kami akan buka termin pertama dengan 3 penanya…..Mohon agar pertanyaan yang diberikan singkat, tepat sasaran. Kami persilakan…..

Ucapan terimakasih kepada penyaji dan pendengar

Sampaikan dengan ramah, tulus dan penuh senyum.Contohnya….

Terima kasih atas Ibu Lily Husain…..yang telah sudi membagi sedikit pengalamannya pada acara diskusi hari ini…..Rasa terimakasih juga saya sampaikan kepada para hadirin sekalian, utamanya atas partisipasi aktif selama diskusi berlangsung…

Terimakasih

+ Add Your Comment